Nasabah Leasing Mandiri Tunas Finance Aksi Bakar Diri Akibat Protes Mobil Ditarik

MEDAN | Gedung kantor pembiayaan Mandiri Tunas Finance di Jalan Ringroad Pasar II, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (20/7/2018) diamuk si jago merah.

Namun kejadian secara tiba-tiba ini rupanya bukanlah kebakaran biasa. Peristiwa itu terjadi akibat aksi nekad seorang pria yang nekad membakar diri di dalam kantor.

Pria yang belum diketahui pasti identitasnya itu sengaja melakukan aksi bakar diri sebagai bentuk protes karena mobilnya ditarik pihak perusahaan pembayaran (leasing) itu karena sudah menunggak kredit beberapa bulan.

Saksi mata Muhammad mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 wib tak lama setelah usai kaum Muslim menjalanlan ibadah Salat Jumat.

“Awalnya eiia (pelaku) datang ke kantor dan sempat marah-marah karena mobilnya ditarik perusahaan karena tidak bayar tindakan kredit” ucap saksi di sekitar lokasi kejadian.

Sesaat kemudian, pelaku mulai kalap dan langaung memantik api ke tubuhnya dan melakukan aksi bakar diri.

“Sekitar jam 13.30 wib lah kebakarannya.  Yang terbakar hanya bagian bawah kantor dan hampir jam 14.00 WIB api bisa dipadamkan,” imbuhnya.

Dijelaskan Muhammad juga, hingga kini belum diketahui kondisi nasabah yang bakar diri itu. Karena usai melampiaskan hajatnya, dia langsung kabur melalui pintu belakang kantor.

Kepling Lingkungan IX, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Selayang M Yahman (72) mengatakan ada sekitar 3 orang pegawai yang mengalami luka-luka akibat insiden tersebut.

“Jadi ada datang nasabah bawa dua botol minyak dan menyiramkan diri minyak ke badannya sambil masuk ke dalam Kantor Mandiri,” katanya.

Kuat dugaan, pelaku memang sudah mempersiapkan minyak untuk membakar. “Karena pas dia datang sudah bawa dua botol minyak itu,” teranhnya.

Sementara, akibat aksi pelaku itu, sejumlah karyawan yang tengah beraktivitas sempat terjebak di dalam gedung yang sudah dipenuhi kepulan asap hitam.

Petugas Polsek Sunggal masih terus berjaga-jaga di depan lokasi kantor yang terbakar. Sementara mobil Toyota Avanza berwarna Silver BK 1591 UN yang diduga milik pelaku yang ditarik, masih berada di depan Kantor Tunas Finance tersebut.red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *