Afri Rizky Unggul Di Poling, Caleg Muda di Medan Sudah Dikenal Publik

oleh -10 views

MEDAN | Anak-anak muda banyak mewarnai perhelatan Pileg 2019. Di Kota Medan, anak-anak muda ini bahkan mendapat perhatian khusus pada sebuah poling media sosial.

Adalah poling strawpoll.com yang menampilkan sebuah jajak pendapat via media sosial. Dalam poling itu, warganet dipersilakan memilih nama-nama Calon Legislatif muda DPRD Medan usia di bawah 35 tahun yang layak dipilih pada Pileg 2019.

Hingga Kamis (26/7/2018) pukul 08.37 WIB, nama Afri Rizky Syaf Lubis unggul 35,71 persen. Wakil Bendahara Golkar Kota Medan berusia 23 tahun itu dipilih sebanyak 501 voters.

Afri Rizky yang juga putra Ketua Golkar Medan Syaf Lubis itu unggul dari beberapa nama Caleg muda DPRD Medan lainnya. Di antaranya Afif Abdillah, M Zikri Asmara Ibnu Ubaidilah  dan Tengku Edriansyah Rendy.

Apa kata pengamat soal poling strawpoll tersebut?

Diwawancarai wartawan, Praktisi Media Campaign Fakhrur Rozi menilai dengan polling ini bisa diartikan bahwa nama Afri Rizky Syaf Lubis memang sudah dikenal sebagian besar warga Kota Medan.

“Artinya yang dilakukan  Rizky Syaf Lubis sudah banyak turun ke masyarakat, menunjukkan hasil. Dibanding dengan nama yang muncul, Rizky memang leading karena dia juga sudah lebih dulu menegaskan akan ikut pada Pileg 2019,” ujar Fakhrur Rozi.

Fakhrur Rozi yang juga  Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sumut itu menjelaskan dirinya sudah mengecek bahwa poling strawpoll.com ini merupakan poling terbuka yang siapapun bisa mengakses dan membuat sebuah jajak pendapat.

“Voters pun hanya bisa memilih satu kali dengan satu IP Address . Jadi ini memang dipastikan kuat bahwa para voters mengenal namanya dan secara sukarela ikut memilih pada poling tersebut,” tukas Fakhrur Rozi.

Rozi menambahkan, poling yang dibuat ini tampaknya menguji ketokohan anak anak muda ini di masyarakat. Sebab, tidak ada embel-embel lain dalam poling itu, hanya nama yang bersangkutan.

“Tidak ada asal partai politik dan daerah pemilihan. Jadi poling ini menguji popularitas para caleg muda yang punya latarbelakang seperti pengusaha, manajer PSMS dan pegiat sosial. Meskipun ada nama caleg muda lain yang tidak ada di poling ini, seperti Muhammad Asril juga sudah dikenal luas masyarakat karena berlatar belakang aktivis dan jurnalis” ujarnya.

Sementara Tengku Adri, seorang Pegiat Digital Campaign mengatakan bahwa media sosial menjadi salahsatu sarana paling efektif bagi Caleg muda untuk mensosialisasikan diri kepada masyarakat.

“Era sekarang media sosial dan internet memang lebih banyak digandrungi anak-anak muda. Bagi Caleg muda tentu saja media sosial ini bisa menjadi jurus untuk lebih mendekatkan diri kepada pemilih pemula dan anak-anak muda,” kata Tengku Adri.

Diketahui bahwa Afri Rizky Syaf Lubis merupakan Caleg DPRD Medan Partai Golkar dari Daerah Pemilihan V meliputi Kecamatan Medan Johor, Medan Polonia, Medan Sunggal dan Medan Tuntungan.

Sedangkan Afif Abdillah dari Partai Nasdem akan berjuang di daerah pemilihan IV, meliputi Medan Amplas, Medan Denai, Medan Kota dan Medan Area. Zikri Asmara merupakan caleg muda dari Partai Berkarya. Sementara, Tengku Edriansyah Rendy merupakan caleg di dapil II meliputi Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Deli dan Medan Labuhan dari Partai Nasdem.(ril)