Tarian Ahoi Meriahkan Peringatan Hari Pahlawan di Medan

MEDAN | Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri  acara peringatan Hari Pahlawan  di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (10/11). 

Acara berlangsung sangat meriah, selain pertunjukan kesenian yang ditampilkan para pelajar dari sejumlah SMA di Kota Medan, acara  juga  diisi dengan pemberian bingkisan kepada sejumlah veteran serta pawai mobil hias.

Peringatan yang mengusung tema, “Dengan Memperingati Hari Pahlawan Kita Bangun Patriotisme dan Nasionalisme Bagi Generasi Muda di Seluruh Wilayah  Indonesia” turut dihadiri Pangdam I BB Mayjen TNI Sabrar Fadhilah diwakili Kasdam I/ BB  Brigjen  TNI Hasanuddin, unsur Forkopimda Sumut,  tokoh masyarakat, tokoh agama,  pelajar serta dan ribuan warga.

Selain tarian yang ditampilkan para pelajar, acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan tarian khas Kota Medan yakni Tarian Ahoi  yang merupakan hasil kreasi Dinas Pariwisata Kota Medan. Tari ini memperpadukan gerakan senam dengan sentuhan musik etnis yang ada di Kota Medan, terutama Melayu.

Melihat Tarian Ahoi serta musik yang mengiringinya sontak mengundang orang untuk ikut menari, termasuk  Wakil Wali Kota dan Kasdam I/BB beserta unsur Forkopimda Sumut. Mereka pun ikut menari bersama ratusan penari. Aksi mereka mendapat aplaus dan tepukan meriah dari ribuan pengunjung yang menyaksikan acara peringatan Hari Pahlawan tersebut.

Sebelumnya Kasdam I/BB dalam sambutan singkatnya mengatakan, pahlawan itu ada di setiap dekade ataupun masanya. Untuk itu Kasdfam mengajak semua yang hadir untuk menjadi pahlawan dengan cara berbuat yang terbaik sesuai  fungsinya masing-masing.

“Mari kita jaga kerukunan dan keanekaragamanan yang sangat baik ini dalam rangka mengisi kemerdekaan serta tetap semangat,” kata Kasdam.

Peringatan Hari Pahlawan dimulai dengan pawai mobil hias. Setelah itu dilanjutkan dengan atraksi drumband yang cukup memikat dari aparat TNI. Kemudian pengunjung dihibur dengan penampilan ratusan pelajar yang membawakan Tarian Merah Putih. Setelah itu acara dimeriahkan dengan penampilan ratusan penari pria dan wanita membawakan Tarian Ahoi.

Usai tarian Ahoi, Kasdam I/BB, Wakil Wali Kota berserta unsur Forkopimda Sumut melepas balon sebagai tanda simbolis dibukanya bazar yang sengaja digelar untuk memeriahkan acara peringatan Hari Pahlawan. Kemudian ditutup dengan doa yang disampaikan 4 pemuka agama dari Islam, Kristen, Hindu dan Budha secara bergantian.

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi sangat mengapresiasi digelarnya acara peringatan Hari Pahlawan tersebut. Dengan peringatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kepahlawan bagi masyarakat, terutama kalangan pelajar serta dapat meneladani perjuangan para pahlawan tersebut.

“Mari jadikan peringatan Hari Pahlawan ini menjadi semangat kebangsaan dan nasionalisme bagi kita  untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara tanpa pamrih, termasuk membangun Kota Medan yang kita cintai bersama. Sebab, tugas kita sekarang mengisi kemerdekaan yang telah dipersembahkan para pahlawan dengan pembangunan sesuai dengan fungsi kita masing-masing,” ungkap Akhyar.red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *