Kapolres Batubara : Program Pemerintah Harus Berjalan dan Tepat Sasaran

oleh -13 views

BATUBARA | Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), melalui e-warung, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemerintah yang harus berjalan dan tepat sasaran karena itu kita harus mengawasinya.

Demikian paparan Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum pada Sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap orangtua siswa SD dan SMP Tahun 2019 se Kec. Air Putih di halaman SMPN 1 Air Putih, Desa Sipare-pare Kec. Air Putih Kab. Batubara, Selasa (12/2/219).

Dikatakan Simatupang, program tersebut diluncurkan pemerintah pusat dengan tujuan meningkatkan taraf hidup rakyat agar hidup sejahtera.

Peserta KIP dari keluarga miskin, pemegang KKS, kelainan fisik, terdampak bencana alam merupakan sasaran program PIP.

Diakui Kapolres saat ini masih ada penerima program bantuan yang tidak layak. Disebutkan pendataannya masih kurang pas karena mengejar program kesejahteraan rakyat.

“Tahun ini akan kita lakukan pendataan ulang,” ujar Kapolres.

Sebelumnya Plt. Kadis Pendidikan Batubara, Drs. Riswandi menjelaskan, pemerintah pusat telah menyediakan biaya pendidikan bagi siswa yang berasal dari keluarga miskin melalui program PIP.

Senada Camat Air Putih Riady, S.Pd menyebutkan PIP merupakan program pemerintah yang disalurkan kepada siswa semua tingkatan. Peluncuran PIP bertujuan untuk menekan angka putus sekolah pada usia wajib belajar.

“Semoga jadi motivasi bagi anak untuk belajar sungguh-sungguh dengan terbantunya biaya pendidikan melalui PIP,” harap Riady.

Riady mengingatkan orangtua penerima PIP agar tidak menyalahgunakan bantuan PIP untuk kebutuhan lain diluar biaya pendidikan anak.

Ditambahkan Riady pemerintah pusat sudah menyediakan dua komponen biaya agar siswa semua tingkat pendidikan dapat meneruskan pendidikannya.

Kedua biaya tersebut adalah biaya optional dalam bentuk PIP dan digunakan untuk peralatan sekolah dan transport anak. Kemudian biaya operasional melalui satuan pendidikan masing masing dalam bentuk dana BOS.

Pada kesempatan tersebut Camat Air Putih memberi apresiasi kepada Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang yang telah banyak memperhatikan masyarakat Batubara bukan hanya dibidang sosial dan keagamaan namun juga bidang pendidikan.KM-eps