Kerusuhan Lapas Narkotika Langkat, Kapoldasu : Razia Perbatasan Buru Ratusan Napi Kabur

oleh -21 views
Dua narapidana Lapas Tanjung Pura Langkat yang kabur diamankan petugas. Dikabarkan ratusan napi kabur akibat kerusuhan di dalam Lapas yang berada di Kecamatan Hinai Langkat ini, Kamis (16/5/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

MEDAN – Polda Sumut mengarahkan pertahian khusunya terhadap ratusan narapidana atau Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas HInai, Kabupaten Langkat berhasil kabur dikarenakan kerusuhan.

“Kita sudah perintahkan untuk melakukan razia di jalan dan perbatasan. Ini melibatkan personel Polsek, dan polres,” Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Kamis (16/5/2019).

Kapolda Sumut mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Lapas Hinai terkait data para WBP yang melarikan diri.

“Semua data napi sudah kita pegang dan disebarkan ke para anggota untuk mengantisipasi dan memperhatikan para pengguna jalan lintas dan jalan-jalan yang tidak jauh dari lapas hinai,”ujarnya.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja menyatakan begitu dapat informasi adanya tahanan lapas hinai kabur, pihak Polda Sumut langsung berkoordinasi dengan jajaran polres dan Polsek untuk melakukan razia di jalan.

“Perhatikan para pengemudi dan penumpang mobil, truk dan sepeda motor. Mungkin para tahanan ada di situ,”ujar mantan Wakapolrestabes Medan ini.

Suasana di Lapas Narkotika Langkat yang rusuh. Diduga napi tidak terima ada salah seorang rekan yang diperlakukan seperti binatang.

Sambung Tatan, personel sudah dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan wajah sesuai data dari lapas narkotika klas III hinai. “Perbatasan menjadi tumpuan pemeriksaan dari pengendara dan penumpang mobil. Termasuk angkutan sewa seperti bus yang mau ke Aceh,” katanya.

Sebelumnya, kerusuhan terjadi di Lapas Narkotika Langkat, Kamis (16/5/2019) siang.
Video pun beredar di kalangan wartawan.

Terlihat suasana di lapas sangat mencekam, satu unit ambulans terguling dan beberapa sepeda motor dibakar. Narapidana keluar dari kompleks lapas dan membakar beberapa ban. Tak terlihat satu sipir pun berada di Lapas Narkotika Langkat.KM-red