‘Robin Hood Indonesia’ Jhony Indo Meninggal Dunia, Pemakaman Jadi Polemik

oleh -129 views

JAKARTA | Kabar duka datang dari jagat perfilman nasional. Johny Indo, salah satu aktor gaek perfilman nasional, diketahui meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) dini hari tadi.

Johny Indo (foto) meninggal dunia pada usia 72 tahun. Tak ada riwayat penyakit yang diderita aktor yang semasa hidupnya pernah menghuni sel Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan itu.

Santa, cucu Johny Indo, membenarkan jika kakeknya meninggal dunia bukan karena riwayat penyakit serius.

“Sebenarnya kan karena sudah usia juga,” kata Santa saat dihubungi pewarta di Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Johny Indo merupakan aktor yang pada masanya mencuri perhatian melalui aktingnya. Saat masih berjaya, Johny Indo mengemas 14 judul film yang sukses dibintanginya.

Film yang paling dikenang oleh masyarakat adalah film biografinya berjudul Johny Indo yang ditayangkan di layar bioskop medio 1988. Kemudian, ia kembali membintangi film Badai Jalanan (1989) dan Si Pitung di tahun yang sama.

Polemik Pemakaman

Istri kedua Johny Indo, Dian Kurnila memberikan reaksi tidak terduga jika suaminya dimakamnkan secara kristen. Dia bahkan sampai tidak bisa berkata-kata.

“Saya nggak bisa ngomong kalau kayak begitu,” ujar Johny Indo ditemui di rumah duka di Gereja GpdI Immanuel, Tangerang, Minggu (26/1/2020).

Dian Kurnila pun sempat kepikiran buat meminta bantuan Front Pembela Islam (FPI) buat menyelesaikan polemik ini.

“Sampe saya biang apa saya harus minta bantuin FPI. Dia kan temen-temennya di sana banyak. Tapi nanti kan jadi ribut,” sambungnya.

Karena itu, dia masih terus bermusyawarah dengan istri pertama dan keluarga Johny Indo mengenai itu. Keputusan final akan diambil saat anak pertama Johny Indo, Dokter Eva tiba di rumah duka.

“Musyawarah dulu baik-baik,” ucap Dian Kurnila.

“Pihak kepolisian juga minta jangan ribut, musyawarah saja sama keluarga. Nunggu anak pertamanya,” timpal anaknya, Muhammad Billah.

Seperti diketahui, Johny Indo sempat memeluk agama islam dan menjadi seorang ustaz. Tapi di akhir hayatnya, anak dari istri pertamanya malah mengatakan kalau sang aktor beragama kristen.

Johny Indo sendiri meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) pagi. Dia wafat sekira pukul 07.45 WIB.

Nama Jhony Indo sendiri sempat melambung di era 80-an akhir. Dia pernah membintangi film Badai Jalanan, Langkah-Langkah Pasti hingga Daerah Jagoan.

Sebelumnya, dia juga pernah dijebloskan di Penjara Nusakambangan karena merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat pada 1979. Dia ditahan selama 14 tahun.KM-int