Bupati Batubara : Fokus Pemkab Adalah Pengurangan Kemiskinan

oleh -33 views

BATUBARA | Bupati Batubara, H Zahir mengatakan, semua usulan yang masuk, akan bahas bersama. Dan menjadi prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan tahun anggaran selanjutnya.

Ini disampaikan Bupati Batubara H Zahir pada acara Musrenbang Desa/Kelurahan di Aula Balai Desa Mangkai Baru, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Senin, (27/1/2020).

Dikatakannya, Musrenbang bertujuan untuk menghimpun aspirasi, dan harapan para pemangku kepentingan melalui pembahasan dan pendekatan. Dan akan dirumuskan sebagai masukan serta saran terhadap RKPD Kabupaten Batubara Tahun 2021.

“Semua usulan yang masuk, kita bahas bersama menjadi prioritas kegiatan tahun anggaran selanjutnya. Pemkab Batubara fokus saat ini adalah pengurangan kemiskinan, pencegahan dan penanggulangan stunting, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan infrastruktur”, sebut Zahir.

Bupati meminta kepada kepala desa untuk bisa membantu update kondisi kemiskinan.

” Tahun ini Pemkab melalui Dinas Sosial akan melakukan pendataan ulang tentang kemiskinan ini, agar bantuan yang diberikan pemerintah bisa tepat sasaran dan tepat guna,” ujarnya kembali.

Pendataan kemiskinan inipun menurutnya, jangan hanya dilakukan satu kali saja, namun terus diupdate real time sehingga setiap waktu Kepala Desa bisa memberikan perubahan angka kemiskinan di desanya.

“Kami sadar masih banyak bantuan yang belum tepat sasaran karena kesalahan data. Sehingga tahun ini akan didata ulang. Sehingga butuh peran aktif Kepala Desa dan seluruh perangkatnya untuk menyukseskannya sesuai kondisi di lapangan.

Jika data kemiskinan valid, menurutnya, tidak hanya berguna untuk penyaluran bantuan sosial saja. Namun juga berguna untuk merencanakan program pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat, sehingga penduduk miskin bisa berkembang perekonomiannya sesuai potensi yang dimiliki.

Zahir juga menjelaskan, arah kebijakan pembangunan Batubara pada tahun 2021, berfokus pada pengembangan industri, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, industri kilang minyak, petrokimia.

Tujuannya meningkatkan penghasilan masyarakat, dan membuka peluang kerja serta pemenuhan akses kualitas pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, infrastruktur perekonomian dan sarana prasarana sosial, pemantapan industri kreatif masyarakat.

“Kepada kepala desa, ketua BPD, toko masyarakat, toko pemuda dan toko pemuka agama agar berperan aktif dalam Musrenbang desa, sehinggah diperoleh prioritas pembangunan di desa masing-masing,” sebutnya.KM-M.Sai