Pecah Rekor Peserta SAC Sumut Tembus 5.490, David Luther Lubis Optimis Lahir Bibit Atlet Nasional Asal Sumut

oleh -2 views
Pecah Rekor Peserta SAC Sumut Tembus 5.490, David Luther Lubis Optimis Lahir Bibit Atlet Nasional Asal Sumut
Ketua Umum PB PASI Sumut David Luther Lubis saat pemberian juara atletik Porprovsu 2022 lalu.(koranmonitor.com/ist)

koranmonitor – MEDAN | Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air bertajuk Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022, bakal digelar pada 11-13 November 2022 mendatang di Stadion Unimed Medan, Sumatera Utara.

Jumlah peserta SAC Indonesia 2022 kualifikasi Sumatera Utara pecahkan rekor dengan 5.490 peserta. Raihan ini kalahkan rekor kualifikasi Surabaya yang mencatat 5.104 peserta.

“Kita catatkan raihan peserta terbanyak saat ini mengalahkan Jawa Timur, Bali-Nusa Tenggara, Yogyakarta, Papua dan Kalimantan,” kata Ketua Umum PB PASI Sumut, David Luther Lubis, Rabu (9/11/2022).

Jumlah itu, kata David bisa saja bertambah jadi 6.000 peserta, namun dibatasi mengingat bakal padatnya jadwal pertandingan.

“Alhamdulillah pesertanya hampir merata dari seluruh kabupaten kota yang ada di Sumut,” terangnya.

Melihat tingginya antusias para pelajar yang ingin mengikuti SAC, David mengapresiasi hal tersebut.

“Tingginya animo pelajar yang ingin ikuti SAC patut diapresiasi. Mudah mudahan banyak atlet atlet nasional baru yang bakal lahir dari Sumatera Utara,” ucapnya.

Dia berharap, dibawah komando Ketua Umum PB PASI Pusat, Luhut Binsar Panjaitan, event event skala besar bisa terus bergulir.

“Harapannya dibawah komando Pak Luhut, atletik bisa berjaya dan event event besar bisa terus berjalan demi pembinaan bibit bibit atlet yang nantinya bisa mengharumkan Indonesia di kancah Internasional,” katanya.

Dalam gelaran Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 ini diperlombakan nomor lari jarak pendek, 60 meter (SD), 80 meter (SMP) dan 100 meter (SMA). Kemudian lari estafet, 8×50 meter (SD), 5×80 meter (SMP), dan 4×100 meter (SMA). Juga ada lari jarak menengah, 800 meter (SMP) dan 1.000 meter (SMA).

Selain itu juga dipertandingkan dua nomor lapangan, seperti lompat jauh dan tolak peluru untuk pelajar tingkat SMP dan SMA. Bagi pelajar SD juga dilombakan Kids Athletics, yaitu kanga’s escape dan formula one.

Para pemenang dan runner-up untuk tingkat SMA dari masing-masing wilayah Qualifiers akan diberangkatkan ke Jakarta pada 9-11 Desember untuk bersaing pada National Championship. Pemenang tingkat nasional nantinya akan diberangkatkan mengikuti pemusatan latihan ke fasilitas sports science di Australia.KM-fah/red