Raja Narkoba Meksiko Tak Tahan Kena Siksa Mental Dibui di AS

oleh -9 views
Raja Narkoba Meksiko Tak Tahan Kena Siksa Mental Dibui di AS
Raja narkoba Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman mengaku tak tahan kena siksa mental di penjara AS. (Courtesy U.S. Department of Justice)

koranmonitor | Gembong narkoba Joaquin ‘El Chapo’ Guzman mengirim pesan ‘SOS’ kepada Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, usai mengaku disiksa secara mental di penjara Amerika Serikat.

Pengacara El Chapo, Jose Refugio Rodriguez, mengatakan pendiri kartel Sinaloa itu tak pernah terpapar sinar matahari setelah ditahan selama enam tahun di penjara AS.

“Selama enam tahun Joaquin berada di Amerika Serikat, dia belum melihat matahari,” kata Rodriguez seperti dikutip AFP, Selasa (17/1/2023.

Dalam wawancara terpisah, Rodriguez mengatakan El Chapo hanya diizinkan keluar tiga kali seminggu ke daerah kecil di mana dia “tidak terkena matahari”.

Kunjungan maupun telepon untuk El Chapo juga disebut lebih sedikit dibandingkan narapidana lain.

“Dia menderita siksaan psikologis,” katanya.

El Chapo lantas mengirimkan pesan kepada Obrador bahwa dirinya mendapat siksaan psikologis karena tak diizinkan terpapar sinar matahari.

Sinar matahari sendiri menurut Rodriguez sangat penting untuk kesehatan fisik siapa pun, termasuk terpidana pengedar narkoba.

Lewat pesan SOS, El Chapo ingin Obrador mengusut dugaan pelanggaran prosedur selama ekstradisinya pada 2017 silam.

El Chapo dijatuhi hukuman seumur hidup di Amerika Serikat setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan perdagangan narkoba, pencucian uang, hingga pelanggaran terkait senjata. Hukuman itu diberikan pada 2019.

Dia sempat mengajukan banding atas vonisnya tersebut pada tahun yang sama. Namun, pengadilan menolak banding El Chapo dalam sidang Januari 2022 lalu.

Sementara itu, baru-baru ini putra El Chapo, Ovidio Guzman, juga ditangkap oleh pasukan keamanan Meksiko. Penangkapan itu memicu protes dan baku tembak dari pihak pendukung kartel yang menewaskan hingga 29 orang.*