Kelulusan Standar Jarak Zonasi Masuk SMPN 1 Binjai Dipertanyakan Orangtua Siswa

oleh -70 views
Kelulusan Standar Jarak Zonasi Masuk SMPN 1 Binjai Dipertanyakan Orangtua Siswa
SMPN 1 Binjai & Peraturan Walikota

koranmonitor – BINJAI | Penerimaan calon Siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), sudah selesai diumumkan pihak penyelenggara yakni Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Binjai, Kamis (20/6/2024).

Jumlah kuota yang diterima dalam seleksi masing-masing jalur, Mutasi 5%,  Afirmasi 15%, Prestasi 10%, dan Zonasi 50% harus di sesuaikan dengan daya tampung kebutuhan sekolah, sesuai Peraturan Walikota Nomor 33 Tahun 2023, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kota Binjai, Nomor 800/1680/DISDIK/V/2024.

Dari pantauan awak Media koranmonitor.com penerimaan peserta didik baru sudah mengikuti standar kebutuhan di tiap-tiap sekolah, dan berjalan lancar. Namun masih ada juga yang merasa kecewa atas penerimaan tersebut.

Siti (48), berdomisili di Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan harus menahan pilu. Pasalnya Putra sulungnya yang baru tamat dari SD 023893 harus tercampakkan dari sekolah idamannya, yakni SMPN 1 Binjai.

” Iya, saya gak tau kenapa tidak masuk secara zonasi, seharusnya anak saya masuk karena jaraknya kalau mengikuti MAP yakni 978 meter. Namun anak saya kali ini tidak lulus, sedangkan abang dan tetangga lainnya lulus,” cetus kesalnya.

“Tiga tahun yang lalu tidak ada yang tidak lulus dari SD 023893 ini, tapi kenapa kali ini apes di anak saya. Saya gak tau salahnya dimana, dan gak tau harus mengadu kemana. Saya hanya bisa pasrah, terlebih saya mencari nafkah sendiri tanpa adanya suami,” imbuhnya

Dari tempat terpisah, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Binjai Zainal Abidin Nasution SH melalui WhatsApp menanggapi, dirinya belum bisa menanggapi karena sedang kegiatan dinas ke Bali.

” Maaf saya masih ada kegiatan dinas di Bali, jadi saya belum monitor lagi perkembangan pengumuman untuk hari ini,” sebut Wakil Ketua Komisi C yang membidangi Pendidikan.

“Nanti Insya Allah hari senin kita sudah masuk kantor, kita akan lihat penerimaan yang di lakukan Dinas P&P Kota Binjai.  Soal berapa kuota penerimaan siswa baru di SMPN 1 Binjai? Kalau tidak silap saya sekitar 320 orang di bagi beberapa jalur,” ujarnya.

Ketika ditanya standar maksimal jarak zonasi? Zainal mengatakan, Sabar ya, Senin aja nanti kita jumpa di kantor, tandasnya sembari menutup telepon.

Sampai berita ini di terbitkan pihak Kepala Sekolah SMPN 1 Binjai, Sofyan SP.d belum bisa dikonfirmasi terkait jarak maksimum jalur zonasi. KM- Jufri/red.