Hj. Nawal Edy Rahmayadi Kunjungi YKI Langkat Sepakati Kurangi Risiko Kanker

oleh -5 views
Hj. Nawal Edy Rahmayadi Kunjungi YKI Langkat Sepakati Kurangi Risiko Kanker
Ketua YKI Sumut Hj.Nawal Edy Ramayadi kunjungi Ketua YKI Langkat Ibu Endang Kurniasih Syah Afandin dalam acara pencegahan dini kanker di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat

koranmonitor – LANGKAT | Ketua Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara (YKI Sumut) Hj. Nawal Edy Rahmayadi, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Langkat untuk melaksanakan roadshow cegah kanker di Sumatera Utara.

Kunjungan itu diterima Ketua YKI Langkat, Endang Kurniasih Syah Afandin berserta jajaran di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (24/5/2023).

Endang menjelaskan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) sebagai organisasi non profit, menangani bidang kesehatan mengemban visi dan misi dengan tugas utama membantu pemerintah, dalam penanggulangan masalah kanker di Indonesia.

Sebab, lanjut Endang, penanggulangan kanker adalah masalah yang sangat kompleks untuk mengatasinya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau Kementerian Kesehatan saja.

“Tetapi kanker adalah masalah kita semua, kanker akan dapat diatasi segera apabila lebih awal diketahui gejalanya, bila sudah berlanjut semakin sulit diobati dan dapat menyebabkan kematian,” paparnya.

Ketua YKI Sumut, Nawal menerangkan kanker adalah sel dalam tubuh yang tumbuh tidak normal, sebenarnya kanker itu dapat di mengobati, banyak masyarakat  yang tidak tahu karena kurangnya sosialisasi ke masyarakat.

Harapannya, semua pihak maupun Kader PKK selalu menjadi corong buat menyampaikan kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu yang ada di Langkat tentang penyakit kanker.

“Penyakit kanker harus di tangani dengan serius dan di obati secara medis,” tegasnya.

Menurut Nawal, selain pola hidup sehat, upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin, juga berperan penting mengurangi risiko terserang kanker.

Jadi dengan Gerakan PHBS dan pemeriksaan kesehatan secara rutin akan mengurangi tingkat  kematian akibat kanker, karena pengobatan dan pencegahan telah dilakukan sedini mungkin.

Turut hadir Sekretaris YKI Sumut Siti Zahara Nasution, Kadis Kesehatan Langkat dr.Juliana, DWP dan PKK Langkat, para Kepala Puskesmas seluruh Kabupaten Langkat. KM-Nasti