Bos Waskita Karya Sebut Butuh 17 Tahun untuk Lunasi Utang Rp41,2 Triliun

oleh -8 views

koranmonitor – JAKARTA | PT Waskita Karya (Persero) Tbk mencatat utang mencapai Rp41,2 triliun per Desember 2023.

Tumpukan utang berasal dari perbankan, penjaminan atas kredit modal kerja (KMK), hingga obligasi non penjaminan.

“Memang ada beberapa komposisi utang yaitu perbankan hampir mencapai Rp26,3 triliun, termasuk ada KMK penjaminan sebesar Rp5,2 triliun, termasuk obligasi non penjaminan sekitar Rp4,7 triliun,” kata Direktur Utama Waskita Muhammad Hanagroho dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Dalam paparannya, Waskita Karya membutuhkan waktu 17 tahun hingga 2039, untuk melunasi utang tersebut.

“Secara fundamental, Waskita membutuhkan waktu setidaknya 17 tahun sampai 2039 untuk menyelesaikan seluruh utang dengan kemampuan bayar bunga 3,5 persen,” demikian paparan dia.

Kemudian, ia juga memaparkan ada tiga sumber untuk menyelesaikan utang Waskita Karya. Pertama, dari divestasi ruas tol Rp35 triliun, yang mewakili 80 persen dari total pelunasan utang, proyek yang telah ada Rp8 triliun, dan margin proyek baru Rp4 triliun.

Hanugroho juga menyampaikan pihaknya telah melakukan upaya untuk melunasi utang tersebut, di antaranya menegosiasi kepada perbankan maupun pemegang obligasi. Ia menyebut negosiasi kepada perbankan telah mengerucut pada kesepakatan.

“Perlu kami sampaikan target progres restrukturisasi untuk perbankan terutama untuk Master Restructuring Agreement, kita targetkan signing ini kita lakukan April 2024,” jelas dia. KMC