Sistem Keuangan RI 2023 Stabil Ditengah Risiko Perlambatan Ekonomi Dunia

oleh -81 views
Sistem Keuangan RI 2023 Stabil Ditengah Risiko Perlambatan Ekonomi Dunia
Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024

koranmonitor – JAKARTA | Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melaporkan hasil rapat berkala KSSK I Tahun 2024.

Dimana stabilitas sistem keuangan Indonesia tetap stabil di tengah risiko pelambatan ekonomi dunia, dan ketidakpastian pasar keuangan global.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, stabilitas sistem keuangan pada kuartal IV/2023 yang stabil tersebut didukung oleh kondisi perekonomian dan sistem keuangan domestik, yang resilien dan sinergi serta koordinasi dari seluruh komponen KSSK yang terus diperkuat.

“Dengan perkembangan tersebut, kondisi ekonomi dan sistem keuangan domestik sepanjang 2023 terjaga baik, dan mampu mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024, Selasa (30/1/2024).

Sri Mulyani menambahkan dengan perkembangan tersebut, kondisi ekonomi dan sistem keuangan sepanjang 2023 terjaga dengan baik, dan mampu mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

KSSK disebutkan melakukan rapat berkala pertama tahun ini pada Senin, 29 Januari 2024.

Lebih lanjut, KSSK yang terdiri dari Menteri Keuangan, Gubernur BI, Ketua Dewan Komisioner OJK, dan Ketua Dewan Komisioner LPS, berkomitmen memperkuat sinergi dan koordinasi serta kewaspadaan atas risiko perlambatan ekonomi dan berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global 2024.

“Serta rambatan dari sisi global ke ekonomi Indonesia dan keuangan domestik,” kata Sri Mulyani. KMC