Jelang Pileg dan Pilpres, Lapas Tj Gusta dan KPU Kordinasi Soal Pindah Memilih

oleh -17 views

MEDAN | Jelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang berlangsung pada 17 April 2018 mendatang.

Lapas Klass IA Tanjung Gusta Medan melakukan kordinasi dengan jajaran Disdukcapil dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal pindah memilih bagi wargabinaan.

Disebutkannya dari 3378 wargabinaan yang menjalani masa hukuman sebagian besar berasal dari Aceh. Umumnya mereka yang tersangkut masalah hukum di Sumatra Utara, serta napi pindahan dari daerah lain yakni Aceh, Riau, Kepri, Sumbar dan Jambi.

“Wargabinaan yang pindah tersebut umumnya menjalani hukuman diatas 10 tahun hingga hukuman mati,” sebut Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Klass IA Tanjung Gusta, Jaya Saragih kepada wartawan, Selasa (8/1/2019).

Menindaklanjuti hal tersebut, ia mengatakan pihaknya dalam hal ini melalui Kementerian Hukum dan HAM telah berkordinasi dengan KPU. Termasuk kordinasi dengan KPU maupun Disdukcapil asal warga binaan agar sekiranya untuk mengirim NIK atau pindah memilih ke Lapas Tanjunggusta.

Selain itu juga kepada keluarga wargabinaan juga diimbau untuk mengirim fotokopi NIK, agar memudahkan melakukan pendataan dalam  pelaksanaan pileg dan pilpres.

Dari jumlah napi atau wargabinaan 3378 orang yang saat menghuni Lapas Klass IA Tanjunggusta, menurutnya lagi sudah melebihi daya tampung yang berkisaran 1300 orang.KM-apri