Harga Beras dan Sejumlah Kebutuhan Pangan Lain Naik, Berikut Pemicunya

oleh -64 views
Sumut Butuh Data Beras Yang Valid, Agar Kompeten Menghasilkan Solusi Harga
Beras

HARGA sejumlah kebutuhan masyarakat pada perdagangan di pekan ini, beberapa diantaranya mengalami kenaikan. Harga minyak goreng curah mengalami kenaikan dikisaran Rp15.000 hingga Rp16.000 per Kg nya.

Dari yang sebelumnya berkisar Rp14.000 hingga Rp15.000 per Kg. Dan harga minyak goreng curah yang dijual saat ini, relatif lebih mahal dari minyak kemasan seperti minyakkita, yang dijual dikisaran Rp14.000 per liter.

Sementara itu, harga gula juga terpantau mengalai kenaikan sekitar Rp15.000 per Kg. Harga gula pasir saat ini ditransaksikan rata rata Rp16.750 per Kg mengacu kepada harga PIHPS. Jika tidak mengacu kepada harga rata rata tersebut, ada kenaikan Rp500 per Kg di sejumlah pedagang meskipun belum semua pedagang menaikkan harga jual gula pasirnya.

Sementara itu, harga beras medium juga mengalami kenaikan di kota medan mengacu kepada PIHPS. Harga beras medium yang sebelumnya memiliki rata rata Rp14.000, naik menjadi Rp14.300 per Kg.

Dan beras medium lainnya yang bisa dijual dengan rata-rata Rp13.500 per Kg, saat ini dijual dikisaran Rp13.850 per Kg nya. Kenaikan harag beras, gula pasir, dan minyak goreng di pekan ini akan menjadi penyumbang inflasi di Sumut.

Sementara itu, harga cabai merah dan cabai rawit berdasarkan hasil pengamatan saya bergerak stabil dengan kecenderungan turun. Cabai merah berada dikisaran Rp31.000 an, setelah sempat berada di kisaran harga Rp32.000 an per Kg di pekan sebelumnya. Dan cabai rawit saat ini berada dikisaran Rp30.000 an hingga Rp35.000 an, setelah sempat berada dikisaran angka Rp38.000 hingga Rp40.000 per Kg sebelumnya.

Dengan realisasi harga yang terjadi saat ini, maka Sumut di bulan Januari ini kembali berpeluang menciptakan laju tekanan inflasi. Setelah beras, migor, dan gula pasir yang naik dipekan ini, harga tomat juga terpantau lebih tinggi di bulan ini dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dengan sejumlah harga tersebut maka inflasi kembali berpeluang kembali terjadi.

Dari beberapa kenaikan harga yang terjadi saat ini, maka yang sedikit mengejutkan adalah kenaikan harga beras. Karena harga beras justru mengalami kenaikan disaat kita tengah menjelang musim panen. Sehingga observasi yang lebih mendalam juga masih terus dilakukan untuk menemukan pemicu kenaikan harga beras tersebut.

Dan untuk kenaikan harga gula pasir maupun harga minyak goreng. Saya menduga kenaikan tersebut juga dipengaruhi oleh kenaikan biaya input produksi, sehingga harga jualnya menjadi lebih tinggi. Dan harga daging ayam juga berpeluang bergerak naik, dimana biaya input produksi belakangan dalam tren kenaikan.

Hal yang paling utama memicu harga naik adalah kenaikan gaji karyawan atau pegawai yang dilakukan oleh perusahaan. Dan umum terjadi karena sesuai dengan kebijakan penetapan upah yang dilakukan pemerintah. (Penulis: Gunawan Benjamin, Pengamat Ekonomi dari Universitas Islam Sumatera Utara)