Rupiah Lanjutkan Pelemahan Pada Perdagangan Pagi Ini

oleh -11 views
Rupiah Menguat Seiring Pasar Antisipasi Pemangkasan Suku Bunga AS
Petugas menunjukan uang pecahan rupiah di Jakarta, Rabu (31/1/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU

koranmonitor – MEDAN | Imbal hasil US Treasury 10 tahun mengalami kenaikan yang cukup tajam di level 4.317%. Kenaikan imbal hasil US Treasury tersebut menjadi kabar buruk bagi mata uang Rupiah.

Pengamat ekonomi Gunawan Benjamin, Selasa (20/2/2024) dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, kenaikan imbal hasil US Treasury itu sendiri terjadi ditengah minimnya agenda ekonomi.

“Kenaikan tersebut Lebih didorong oleh ekspektasi mundurnya rencana kenaikan bunga acuan oleh Bank Sentral AS atau The FED,” sebutnya.

Tambahnya, mata uang rupiah pada perdagangan pagi ini dibuka melemah di level Rp15.650 per US Dolar. Dengan kenaikan imbal hasil US Treasury tersebut, maka peluang mata uang Rupiah untuk menguat di hari ini sangat kecil sekali. Meskipun pada perdagangan besok, Bank Indonesia akan menetapkan besaran bunga acuannya.

Disisi lainnya, kinerja iHSG berbeda arah dengan Rupiah pada perdagangan pagi. IHSG ditransaksikan menguat di level 7.315,50.

Kinerja sejumlah bursa di Asia yang bergerak variatif menjadi salah satu alasan kinerja IHSG untuk bergerak seirama. Selain itu, faktor teknikal juga turut menjadi penggerak perdagangan IHSG ditengah minimnya sentimen pasar.

Sementara itu, harga emas dunia kembali diperdagangkan melemah. Harga emas ditransaksikan melemah dikisaran level $2.016 per ons troy pada sesi perdagangan pagi ini.

Pelemahan harga emas terjadi ditengah minimnya sentimen yang bisa mendongkrak kenaikan harga itu sendiri. Dan justru diperburuk dengan kian dekatnya kepastian penundaan pemotongan bunga acuan Bank Sentral AS. KMC