Perayaan HUT Kemerdekaan, Sang Merah Putih Berkibar Dilaut Sibolga

oleh -24 views

SIBOLGA | Dermaga Lama di Kota Sibolga, Sumatera Utara, Minggu (19/8/2018) tampak lebih berwarna. Semua itu terjadi setelah tempat itu dijadikan pusat kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 73 yang digagas para pemuda lintas komunitas.

Suasana semakin semarak karena berbagai kegiatan turut digelar di tempat ini. Namun, dari seluruh rangkaian kegiatan, pengibaran bendera dari dalam laut menjadi acara yang paling banyak dinanti.

Pantauan dilokasi, dilepas oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, tim penyelam yang terdiri dari Komunitas Pecinta Laut, BPBD dan SAR, mengawali kegiatan dengan melakukan doa bersama sebelum melaksanakan prosesi pengibaran bendera merah putih dari kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut, dan selanjutnya diderek ke atas permukaan laut.

5 orang penyelam dengan dilengkapi peralatan lengkap dan keahlian yang sudah terlisensi, bertugas sebagai petugas pengibar bendera. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan para penyelam, seluruh persiapan pun dilakukan secara matang.

Tak perlu waktu lama. Diiringi lagu Indonesia Raya yang di putar melalui mobil dinas Polres Sibolga, sekitar 15 menit akhirnya sang merah putih muncul di permukaan laut dan berkibar gagah di ujung tiang.

Selama prosesi berlangsung, antusias terlihat  dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas meski di bawah terik matahari yang menyengat kota Sibolga. Mereka tetap berdiri di pinggir dermaga guna menyaksikan sang dwi warna berkibar. Red